POTRET MODEL SEKOLAH BERASRAMA DI SMAN 17 MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.30603/ir.v20i2.5804Keywords:
Sekolah Berasrama, Pengembangan Karakter Siswa, Kualitas PendidikanAbstract
Pendidikan berasrama semakin diminati di Indonesia sebagai salah satu alternatif pengembangan karakter dan akademis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model sekolah berasrama di SMAN 17 Makassar, dengan fokus pada manfaat dan tantangan yang dihadapi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model sekolah berasrama menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan karakter siswa, meskipun terdapat tantangan dalam menyesuaikan diri dengan kehidupan asrama. Manajemen yang baik dapat mengurangi permasalahan tersebut, memberikan dampak positif pada kebijakan pendidikan di masa mendatang. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan dalam mengembangkan model pendidikan yang lebih efektif.