POTRET MODEL SEKOLAH BERASRAMA DI SMAN 17 MAKASSAR

Authors

  • Rezki Safitri Nuraima Universitas Negeri Makassar
  • Reski Amalia Universitas Negeri Makassar
  • Reski Ayu Wanti Universitas Negeri Makassar
  • Aris Munandar Universitas Negeri Makassar
  • Ahlun Ansar Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30603/ir.v20i2.5804

Keywords:

Sekolah Berasrama, Pengembangan Karakter Siswa, Kualitas Pendidikan

Abstract

Pendidikan berasrama semakin diminati di Indonesia sebagai salah satu alternatif pengembangan karakter dan akademis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model sekolah berasrama di SMAN 17 Makassar, dengan fokus pada manfaat dan tantangan yang dihadapi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model sekolah berasrama menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan karakter siswa, meskipun terdapat tantangan dalam menyesuaikan diri dengan kehidupan asrama. Manajemen yang baik dapat mengurangi permasalahan tersebut, memberikan dampak positif pada kebijakan pendidikan di masa mendatang. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan dalam mengembangkan model pendidikan yang lebih efektif.

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Nuraima, R. S., Amalia, R. ., Wanti, R. A., Munandar, A., & Ansar, A. (2024). POTRET MODEL SEKOLAH BERASRAMA DI SMAN 17 MAKASSAR. Irfani, 20(2), 156–168. https://doi.org/10.30603/ir.v20i2.5804

Most read articles by the same author(s)