POTRET MODEL SEKOLAH BERASRAMA DI SMAN 17 MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.30603/ir.v20i2.5804Kata Kunci:
Sekolah Berasrama, Pengembangan Karakter Siswa, Kualitas PendidikanAbstrak
Pendidikan berasrama semakin diminati di Indonesia sebagai alternatif untuk pengembangan karakter dan akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model sekolah berasrama di SMAN 17 Makassar, dengan fokus pada manfaat dan tantangan yang dihadapi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model sekolah berasrama menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan karakter siswa, meskipun ada tantangan dalam penyesuaian kehidupan asrama. Pengelolaan yang baik dapat mengurangi permasalahan tersebut, memberikan dampak positif bagi kebijakan pendidikan di masa depan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam pengembangan model pendidikan yang lebih efektif.