POTRET MODEL SEKOLAH BERASRAMA DI SMAN 17 MAKASSAR

Penulis

  • Rezki Safitri Nuraima Universitas Negeri Makassar
  • Reski Amalia Universitas Negeri Makassar
  • Reski Ayu Wanti Universitas Negeri Makassar
  • Aris Munandar Universitas Negeri Makassar
  • Ahlun Ansar Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30603/ir.v20i2.5804

Kata Kunci:

Sekolah Berasrama, Pengembangan Karakter Siswa, Kualitas Pendidikan

Abstrak

Pendidikan berasrama semakin diminati di Indonesia sebagai alternatif untuk pengembangan karakter dan akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model sekolah berasrama di SMAN 17 Makassar, dengan fokus pada manfaat dan tantangan yang dihadapi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model sekolah berasrama menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan karakter siswa, meskipun ada tantangan dalam penyesuaian kehidupan asrama. Pengelolaan yang baik dapat mengurangi permasalahan tersebut, memberikan dampak positif bagi kebijakan pendidikan di masa depan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam pengembangan model pendidikan yang lebih efektif.

Diterbitkan

2024-12-17

Cara Mengutip

Nuraima, R. S., Amalia, R. ., Wanti, R. A., Munandar, A., & Ansar, A. (2024). POTRET MODEL SEKOLAH BERASRAMA DI SMAN 17 MAKASSAR. Irfani, 20(2), 156–168. https://doi.org/10.30603/ir.v20i2.5804

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama