PENINGKATAN KEMAMPUAN PUBLIKASI KARYA TULIS ILMIAH PADA JURNAL NASIONAL BAGI GURU DI MADRASAH ALIYAH AL-MUHAJIRIN BONGOMEME KABUPATEN GORONTALO

Main Article Content

Firman Sidik
Rizqah Rasdiana Kobandaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan publikasi karya tulis ilmiah guru pada jurnal Nasional. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa berbagai hambatan yang dihadapi oleh guru dalam publikasi karya ilmiah yaitu, pertama guru tidak memiliki cukup waktu untuk  menulis. Kedua kurangnya kesadaran sehingga menganggap bahwa publikasi karya ilmiah bukan merupakan sesuatu yang penting. Ketiga, guru lebih focus pada perkara mengajar sebagai tanggung jawab utama ketimbang menulis dan publikasi. Keempat, guru kurang memahami dan mengetahui terkait dengan apa dan bagaimana publikasi karya ilmiah. Kelima, guru memang tidak memiliki penelitian, sehingga tidak bisa melakukan publikasi. Selanjutnya, upaya untuk meningkatkan publikasi karya ilmiah yaitu, pertama, memberikan presentasi terkait gambaran umum publikasi karya tulis ilmiah. Kedua, presentasi terkait dengan tema-tema dan sistematika umum anatomi artikel ilmiah. Ketiga, pendampingan terkait dengan penulisan dan tata cara submit artikel di jurnal nasional. Keempat, diskusi tentang problem dan masalah yang ditemui baik saat penulisan ataupun proses submit di jurnal nasional untuk kemudian dicarikan solusi.

Article Details

How to Cite
Sidik, F., & Kobandaha, R. R. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN PUBLIKASI KARYA TULIS ILMIAH PADA JURNAL NASIONAL BAGI GURU DI MADRASAH ALIYAH AL-MUHAJIRIN BONGOMEME KABUPATEN GORONTALO. Irfani (e-Journal), 18(2), 135–148. https://doi.org/10.30603/ir.v18i2.3031
Section
Articles