ESTIMASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) BAGI GURU MADRASAH DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MODUL EVALUASI PEMBELAJARAN

Isi Artikel Utama

Lian Gafar Otaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi kemampuan berpikir kritis mahasiswa PPG Dalam Jabatan (Daljab) bagi guru madrasah dan PAI Kementerian Agama Republik Indonesia pada pendalaman materi modul Evaluasi Pembelajaran di LPTK IAIN Sultan Amai Gorontalo. Subjek penelitian adalah 251 orang mahasiswa PPG Batch-3 tahun 2022. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis berbentuk essay. Untuk keperluan analisis data menggunakan pendekatan Item Response Theory (IRT) model Graded Response Models (GRM). Hasil estimasi parameter kemampuan berpikir kritis mahasiswa PPG menunjukkan bahwa mahasiswa PPG memiliki kemampuan (θ) terletak di antara –3 dan +3, sesuai dengan daerah asal distribusi normal yang dinilai dari parameter tingkat kesukaran butir memperlihatkan bahwa diperlukan kemampuan berpikir kritis yang semakin tinggi untuk mencapai kategori nilai yang semakin tinggi dalam mempelajari modul Evaluasi Pembelajaran

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Otaya, L. G. (2023). ESTIMASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) BAGI GURU MADRASAH DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MODUL EVALUASI PEMBELAJARAN. Irfani (e-Journal), 19(1), 49–66. https://doi.org/10.30603/ir.v19i1.3503
Bagian
Articles