Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
Keywords:
Media audio visual, keterampilan menyimak, keterampilan berbicaraAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak Materi adab shalat dan dzikir. Peserta didik jarang sekali belajar menggunakan media audio visual, pembelajaran sebelumnya dilakukan secara monoton yang membuat peserta didik merasa bosan. Guru melakukan pembelajaran dengan metode ceramah, sehingga pembelajaran menyimak kurang efektif dan efisien apabila disampaikan dengan cara dibacakan oleh guru. Dalam mata pelajaran Akidah Akhlak, peserta didik kurang bisa memahami materi yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini antara lain adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Materi adab Shalat dan Dzikir pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII Fase D di MTs DDI Lil-Banat Parepare dengan menggunakan Media Audio Visual. Model penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak Kelas VII MTs DDI Lil-Banat Parepare kecamatan soreang dengan jumlah sampel sebanyak 14 orang. Hasil penelitian dengan menggunakan media audio visual pada pembelajaran Akidah Akhlak menunjukan adanya peningkatan kualitas belajar peserta didik dalam proses pembelajaran, hal ini terlihat terlihat dari peningkatan hasil dari setiap siklusnya, Dari data awal sebagian peserta didik mendapat predikat nilai Cukup Baik (C) dan Baik ( B ) dengan nilai rata-rata 84, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 4 peserta didik yang mendapat predikat nilai baik (B) dan 10 yang mendapat predikat Sangat baik ( SB ) dengan nilai rata-rata 87.6 dan siklus II nilai semua peserta didik mendapat prediakt sangat baik ( SB ) dengan nilai rat-rata 90.5.