Peran Guru Pendidikan Agam Islam (PAI) Dalam Meminimalisasi Bullying (Perundungan) Di MTs Negri 1 kota Gorontalo

Penulis

  • Prisca Tamadarage Jurusan PAI
  • Lukman Arsyad

Kata Kunci:

Peran Guru, Meminimalisasi, Bullying

Abstrak

Fokus penelitian yang akan diuji dalam penelitian ini adalah:1) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meminimalisasi Bullying (Perundungan) di MTs Negeri I Kota Gorontalo.2) bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meminimalisasi Bullying (Perundungan) di MTs Negeri I Kota Gorontalo. Dan tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meminimalisasi Bullying (Perundungan) di MTs Negeri I Kota Gorontalo. 2) untuk mengetahui Hambatan Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meminimalisasi Bullying (Perundungan) di MTs Negeri I Kota Gorontalo.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi.Hasil penelitian Mengungkapkan bahwa Peran Guru Pendidikan agama Islam bersama sekolah dalam meminimalisasi Bullying  melalui dua tahap yaitu tahap pencegahan dan tahap tindak lanjut. Tahap pencegahan dilakukan untuk mencegah serta memfilter terjadinya Bullying dalam lingkungan sekolah. Tahap pencegahan dilakukan melalui sosialisasi kegiatan intra dan ekstra kurikuler, Guru sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, Inpirator, Motivator, fasilitator dan pengelola kelas. Tahap tindak lanjut ditujukan apabila telah terjadi perilaku Bullying dalam lingkungan sekolah yaitu guru akan menjadi korektor dan evaluator serta membimbing kembali peserta didik dilanjutkan BK, Kesiswaan dan terakhir Melalui keputusan Kepala Madrasah.. Hal ini diharapkan agar tahap tindak lanjut menjadi solusi atas permasalahan Bullying. Selain itu sikap kooperatif orang tua juga dibutuhkan dalam meminimalisasi Bullying di sekolah

Diterbitkan

2020-02-18

Cara Mengutip

Tamadarage, P., & Arsyad, L. (2020). Peran Guru Pendidikan Agam Islam (PAI) Dalam Meminimalisasi Bullying (Perundungan) Di MTs Negri 1 kota Gorontalo. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 1(2), 1–11. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/1234