Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 3 Kampung Baru Kota Bandar Lampung
DOI:
https://doi.org/10.58194/pekerti.v7i2.6340Kata Kunci:
Learning Media, Technology, Islamic Religious Education curriculum, Student SkillsAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis teknologi guna meningkatkan keterampilan siswa di Sekolah Dasar Negeri 3 Kampung Baru, Kota Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes keterampilan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis teknologi yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam mata pelajaran PAI. Temuan utama mencakup: (1) peningkatan signifikan nilai rata-rata siswa sebesar 25% setelah menggunakan media, (2) respon positif dari guru dan siswa terhadap kemudahan penggunaan media, serta (3) peningkatan motivasi belajar siswa. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya integrasi teknologi dalam pembelajaran PAI untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Teknologi, Pendidikan Agama Islam, Keterampilan Siswa.