Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Melalui Inovasi Pembelajaran PAI Berbasis Cooperative Learning
DOI:
https://doi.org/10.58194/pekerti.v7i2.6584Kata Kunci:
Critical Thinking, Creative Thinking, PAI, Cooperative LearningAbstrak
ABSTRAK
Kemampuan berpikir kritis dan kreatif sangat penting dalam mendukung proses pembelajaran yang bermakna, khususnya dalam Pendidikan Agama Islam (PAI). Sayangnya, metode pembelajaran yang bersifat satu arah masih banyak dijumpai sehingga kurang mendorong keterlibatan siswa secara aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran kooperatif dapat melatih kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa pada mata pelajaran PAI, serta kontribusinya dalam menciptakan pembelajaran yang aktif, partisipatif, dan bermakna secara nilai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan (library research). Sumber data diperoleh dari literatur-literatur ilmiah seperti buku, jurnal, artikel, hasil penelitian terdahulu, dan dokumen-dokumen lain yang relevan dengan topik pembelajaran PAI dan pembelajaran kooperatif. Penelitian ini membahas tentang penggunaan model pembelajaran kooperatif sebagai strategi untuk meningkatkan kedua kemampuan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif dapat mendorong siswa untuk aktif berdiskusi, berpikir analitis, dan mengembangkan ide-ide baru. Dengan demikian, Cooperative Learning dapat menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran PAI yang lebih interaktif dan efektif.
Kata Kunci: Berpikir kritis, Berpikir Kreatif, PAI, Pembelajaran Kooperatif