Thematic Interpretation of Ukhuwwah in the Qur'an and Its Implications for Islamic Character Education

Penulis

  • Junaidi Junaidi UIN Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58194/pekerti.v7i2.6590

Kata Kunci:

tafsir tematik, ukhuwwah, etika Qur’ani, persaudaraan Islam, harmoni sosial

Abstrak

Penelitian ini mengkaji konsep ukhuwwah (persaudaraan) dalam Al-Qur’an melalui pendekatan tafsir tematik untuk mengungkap makna multidimensionalnya dalam konteks sosial kontemporer. Tujuan penelitian ini adalah memahami bagaimana nilai-nilai ukhuwwah—baik Islamiyah maupun Insaniyah—dapat diterapkan dalam membangun keadilan, perdamaian, dan inklusivitas di tengah masyarakat yang plural. Menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan dari ayat-ayat Al-Qur’an yang relevan dan dianalisis melalui tafsir klasik dan kontemporer, serta didukung teori-teori sosial seperti identitas sosial dan hubungan antar kelompok. Hasil analisis menunjukkan lima dimensi utama ukhuwwah—spiritual, sosial, universal, dakwah, dan perjuangan—yang sangat relevan dalam merespons fragmentasi sosial dan konflik antar kelompok. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa ajaran ukhuwwah dalam Al-Qur’an menawarkan kerangka teologis dan praktis untuk memperkuat solidaritas dan harmoni sosial. Penelitian ini berkontribusi dengan menghadirkan model interdisipliner yang mengintegrasikan studi Al-Qur’an dan wacana sosial kontemporer.

Diterbitkan

2025-08-31

Cara Mengutip

Junaidi, J. (2025). Thematic Interpretation of Ukhuwwah in the Qur’an and Its Implications for Islamic Character Education. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 7(2). https://doi.org/10.58194/pekerti.v7i2.6590

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.