Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Pai Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.58194/pekerti.v7i2.6706Abstrak
ABSTRAK
Pembelajaran pendidikan agama islam adalah salah satu cara dalam membentuk karakter peserta didik sesuai dengan ajaran agama islam. Dalam era perkembangan digital yang serba modern penggunaan media pembelajaran seperti media audio visual menjadi hal yang sudah tidak umum lagi. Media tersebut memberikan kesan pembelajaran yang berbeda karena memberikan kesan inovatif, menarik dan mudah untuk dipahami siswa. Dalam dunia pembelajaran penggunaan media Audiovisual sangat penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Bulak Baru Jepara dengan jumlah siswa 20. Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dengan pendekatan kuantitatif “One Group pretest-posttest desaign”. Populasi sampel dalam penelitian ini diambil dari siswa kelas V SDN Bulak Baru yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dengan instrumen analisis kemampuan berpikir kritis menggunakan media audio-visual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik, yang meliputi uji normalitas, uji validitas, dan uji t-test. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI dengan perolehan hasil pretest 69,00 dan posttest 82,35 (( thitung 0,693 >ttabel 0,456)) maka kesimpulannya Ha diterima sehingga kesimpulannya penggunaan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritisi siswa kelas V SDN Bulak Baru Jepara.