MITIGASI BENCANA BANJIR UNTUK ANAK PADA SATUAN LEMBAGA PENDIDIKAN (NARRATIVE LITERATUR REVIEW)

Authors

  • Wiwik Pratiwi a:1:{s:5:"en_US";s:14:"iain gorontalo";}
  • Sitti Rahmawati Talango IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Yuslin Kasan IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Alpira S. Nupura IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30603/ir.v20i2.5611

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk mitigasi bencana banjir untuk anak. Jenis penelitian ini adalah studi literatur dengan metode narative literatur review. Teknik pengumpulan data bersumber dari  jurnal internasional berbasis data scopus, dengan menentukan kata kunci flood AND disaster AND mitigation AND in AND children dalam  rentan waktu 4 tahun terakhir (2020-2024) di daptkan 15 jurnal, Pemilihan literatur selanjutnya dilakukan dengan menetapkan kriteria inklusi dan eksklusi, sehingga didaptkan 3 artikel pada  jurnal yang sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil analisis didapatkan beberapa indikator yang perlu diperhatikan, dalam merancang mitigasi bencana banjir pada anak dalam satuan lembaga pendidikan, yaitu:  (1)  Integrasi mitigasi bencana banjir kedalam kurikulum (2) Penggunaan permainan, media dan metode interaktif dua arah dengan pendekatan Hands-On, (3) Emergency Planning (4) Simulasi dan pelatihan kedaruratan, dan (5) Terdapat tanda kedaruratan pada fasilitas sekolah dan rumah tangga.

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Pratiwi, W., Talango, S. R., Kasan, Y. ., & Nupura, A. S. (2024). MITIGASI BENCANA BANJIR UNTUK ANAK PADA SATUAN LEMBAGA PENDIDIKAN (NARRATIVE LITERATUR REVIEW). Irfani, 20(2), 184–195. https://doi.org/10.30603/ir.v20i2.5611