INOVASI KEPALA MADRASAH PROGRAM HYBRID-LEARNING DALAM MENJAGA KEUNGGULAN KUALITAS PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMIC

Isi Artikel Utama

Siti Asiah Tjabolo
Putriani L. Maliki
Wiwik Pratiwi
Ilkra Antu
Anisawati Talawo

Abstrak

Tujuan Penelitian ini yakni untuk menganalisis Inovasi Kepala Madrasah Program Hybrid Learning dalam Menjaga Keunggulan Kualitas Pendidikan pada masa pandemic di MAN 1 Kota Gorontalo dan MAN 1 Kabupaten Gorontalo beserta komparasinya. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan naturalistic, instrument pengumpulan data digunakan pedoman wawancara, observasi dan studi dokumen, serta analisis data menggunakan triangulasi dengan analisis multisitus. Hasil Penelitian yakni: Analisis multisitus dapat diketahui bahwa pada umumnya MAN 1 kota Gorontalo dan MAN 1 Kabupaten Gorontalo merupakan madrasah unggul di wilayahnya masing-masing dengan keunggulan kompetitif. Adapun komparasi dari kedua situs tersebut yakni MAN 1 kota Gorontalo lebih menekankan pada penguasaan IT para guru dengan diberikannya beberapa kali pelatihan/workshop tentang pembelajaran hybrid dan online serta membangun komunikasi yang intens antar warga madrasah, komite dan orangtua siswa, sementara MAN 1 kabupaten Gorontalo lebih menekankan pada manajemen pembelajaran kinerja guru mulai dari perencanaan sampai kepada evaluasi. Kepala madrasah juga menerapkan menerapkan literasi media daring dalam kegiatan pembiasan literasi untuk mengeksplorasi kompetensi dasar pada pembelajaran hybrid. Aplikasi yang digunakan kedua situs relatif sama yakni menggunakan platform yang mudah, praktis dan hemat

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Tjabolo, S. A., Putriani L. Maliki, Pratiwi, W., Ilkra Antu, & Talawo, A. (2023). INOVASI KEPALA MADRASAH PROGRAM HYBRID-LEARNING DALAM MENJAGA KEUNGGULAN KUALITAS PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMIC. Irfani (e-Journal), 19(2), 108–120. https://doi.org/10.30603/ir.v19i2.4242
Bagian
Articles