PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM KURIKULUM MERDEKA MANDIRI BERUBAH DI SDN 2 LIMBOTO
DOI:
https://doi.org/10.30603/ir.v20i2.5355Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika dalam kurikulum merdeka mandiri berubah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif pendekatan fenomenologi dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pada tahap perencanaan pembelajaran matematika dalam kurikulum merdeka mandiri berubah sudah terlaksana dengan baik dan terstruktur, mencakup guru menganalisis capaian pembelajaran, merumuskan tujuan pembelajaran, membuat alur tujuan pembelajaran, dan membuat modul ajar yang memuat komponen-komponen sesuai dengan modul pada kurikulum merdeka. Pada pelaksanaan pembelajaran matematika dalam kurikulum merdeka mandiri berubah telah berjalan dengan cukup baik, dimana pada pembelajaran guru mempersiapkan kelas menjadi nyaman dan kondusif. Peserta didik terlibat aktif dalam proses pembelajaran, guru menguasai materi pembelajaran dengan baik, namun dari segi penggunaan media pembelajaran perlu divariasikan dan disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Pada evaluasi pembelajaran matematika dalam kurikulum merdeka mandiri berubah menggunakan tiga asesmen, yaitu asesmen diagnostik, asesmen formatif, dan asesmen sumatif.
Kata Kunci: Pelaksanaan Pembelajaran; pembelajaran matematika; kurikulum merdeka mandiri berubah; SDN 2 Limboto