Penggunan Algoritma K-Means dalam Memetakan Karakteristik Mahasiswa PAI IAIN Sultan Amai Gorontalo
Keywords:
Clustering, K-Means, Mahasiswa, PAIAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik siswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) di IAIN Sultan Amai Gorontalo melalui penggunaan algoritma K-Means. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi RStudio untuk mengelompokkan siswa berdasarkan karakteristik-karakteristik tertentu. Hasil penelitian menunjukkan adanya tiga kelompok mahasiswa yang berbeda di jurusan PAI di IAIN Sultan Amai Gorontalo. Hasil ini memberikan wawasan tentang karakteristik mahasiswa PAI dan dapat digunakan untuk meningkatkan pengembangan program pembelajaran dan akademik yang efektif. Temuan ini juga dapat digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan strategi promosi jurusan dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi jurusan. Dengan memahami karakteristik mahasiswa, jurusan PAI dapat memperbaiki strategi pengajaran dan pengembangan kurikulum, dan meningkatkan program bantuan akademik. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk meningkatkan pemahaman tentang karakteristik siswa PAI dan pengembangan strategi pendidikan yang lebih efektif.