Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa

Penulis

  • Rinaldi Datunsolang IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Risnawati Paputungan Kementrian Agama Kota Kotamobagu
  • IAIN Sultan Amai Gorontalo IAIN Sultan Amai Gorontalo

Kata Kunci:

Audio Visual, PAI, Karakter, Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media audio visual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan karakter siswa di SMP Negeri 2 Bintauna. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data, penulis menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi/ penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Bintauna menjadi lebih baik setelah penggunaan media audio visual yang disesuaikan dengan materi pembelajaran. Materi tersebut tersebut yakni tata cara wudhu, tata cara tayamum dan tata cara shalat. Dengan bimbingan guru Pendidikan agama Islam mereka mereka bisa memahami materi pembelajaran, melakukan praktik dalam pelaksanaannya serta disertai doa baik sebelum dan sesudah pelaksanaan praktik. Hal ini berdampak positif bagi siswa untuk memiliki rasa tanggungjawab sebagai umat Islam untuk melaksanakan kewajibannya beribadah kepada Allah SWT.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-24

Cara Mengutip

Datunsolang, R., Paputungan, R., & Datunsolang , H. (2022). Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa . Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 4(2), 59–69. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/3108