Peningkatan Karakter Siswa Melalui Penggunaan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Rinaldi Datunsolang IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Risnawati Paputungan Kementrian Agama Kota Kotamobagu
  • Haryati Datunsolang IAIN Sultan Amai Gorontalo

Keywords:

Audio Visual;, PAI; , Karakter; , Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan karakter siswa melalui penggunaan media audio visual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Bintauna. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data, penulis menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi/ penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Bintauna menjadi lebih baik setelah penggunaan media audio visual yang disesuaikan dengan materi pembelajaran. Materi tersebut tersebut yakni tata cara wudhu, tata cara tayamum dan tata cara shalat. Melalui bimbingan oleh guru Pendidikan agama Islam, mereka mereka bisa memahami materi pembelajaran, melakukan praktik dalam pelaksanaannya serta disertai doa baik sebelum dan sesudah pelaksanaan praktik. Hal ini berdampak positif bagi siswa untuk memiliki rasa tanggungjawab sebagai umat Islam untuk melaksanakan kewajibannya beribadah kepada Allah SWT.

Published

2022-08-24

How to Cite

Datunsolang, R., Paputungan, R., & Datunsolang , H. (2022). Peningkatan Karakter Siswa Melalui Penggunaan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 4(2), 59–69. Retrieved from https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/pekerti/article/view/3108