IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENGUATKAN KOMPETENSI SPRITUAL SISWA DI SDN 09 PAGUAT KABUPATEN POHUWATO

Penulis

  • Ruwiah Abdullah Buhungo IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Najamuddin Petta Solong IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Riyanti Sayedi Mahasiswi
  • Anugrah Lestari IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.58194/pekerti.v6i1.4459

Kata Kunci:

Pelaksanaan, Kurikulum Merdeka Belajar, Sikap Spritual Peserta didik

Abstrak

Penelitian ini membahas permasalahan tentang bagaimana implementasi kurikulum merdeka belajar di SDN 09 Paguat dan bagaimana penguatan kompetensi spritual siswa pada implementasi kurikulum tersebut serta apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum merdeka belajar dalam menguatkan kompetensi spritual siswa di SDN 09 Paguat Kabupaten Pohuwato.

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum merdeka belajar dalam menguatkan kompetensi spritual siswa di SDN 09 Paguat Kabupaten Pohuwato serta faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum merdeka belajar dalam menguatkan kompetensi spritual siswa di SDN 09 Paguat Kabupaten Pohuwato.  

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data ditempuh melalui : Wawancara, Observasi, Dokumentasi. Sumber data penelitian ini sebahagian besar penulis peroleh dari para infroman yakni Kepala Sekolah, Guru wali kelas I dan IV, serta guru PAI dan Budi Pekerti, informan tersebut penulis jadikan sebagai sumber data primer, serta menjadikan dokumen, masalah yang diteliti  sebagai data sekunder.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kurikulum merdeka belajar sudah diimplementasikan di SDN 09 Paguat di kelas I dan IV. Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah dilihat dari pelaksanaan pembelajaran yang terjadi di sekolah. Dalam menguatkan kompetensi spritual siswa di SDN 09 Paguat pada proses pembelajaran guru menggunakan berbagai metode, materi, dan media yang sesuai  dengan modul ajar yang digunakan. Faktor pendukung penguatan kompetensi spritual siswa dalam implementasi kurikulum merdeka belajar di SDN 09 Paguat yaitu tersedianya platform merdeka belajar, dan faktor orang tua. Adapun faktor penghambatnya yaitu kurangnya penguasaan TIK oleh guru, kurangnya sarana prasarana yang memadai.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-23

Cara Mengutip

Buhungo, R. A. ., Solong, N. P. ., Sayedi, R., & Lestari, A. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENGUATKAN KOMPETENSI SPRITUAL SISWA DI SDN 09 PAGUAT KABUPATEN POHUWATO. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 6(1), 37–46. https://doi.org/10.58194/pekerti.v6i1.4459

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.