IMPLEMENTASI KOLABORASI SKILL GURU PAI DENGAN GURU TEMATIK DALAM PEMBERIAN TUGAS DI MI MUHAMMADIYAH UNGGULAN KOTA GORONTALO
Kata Kunci:
Kolaborasi Skill Guru; Pemberian TugasAbstrak
Penelitian ini membahas tentang imlementasi kolaborasi skill antar guru PAI dengan guru Tematik dalam pemberian tugas di MI Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo. Rumusan masalah yang akan dibahas adalah sebagai beikut: 1) Bagaimana implementasi kolaborasi skill guru PAI dengan guru tematik dalam pemberian yugas di MI Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo, 2) Bagaimana hasil dari kolaborasi skill guru PAI dengan guru tematik dalam pemberiam tugas di MI Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo.
Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui kolaborasi skill guru PAI dengan guru tematik dalam pemberian tugas. Adapun metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dekumentasi. Untuk menganalisis data, penulis mengunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menginterprestasikan data-data yang ada untuk mengambarkan realitas sesuai dengan fenomena yang sebenarnya.
Hasil penelitian mengatakan bahwa kolaborasi antar guru PAI dengan guru tematik dalam pemberian tugas di MI Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo disini yaitu: kolaborasi guru dalam pembuatan materi dan kolaborasi guru dalam pembuatan tugas, untuk pembuatan materinya itu menggunkan modul dan untuk modulnya itu menggunakan modul pelajaran sendiri-sendiri, di modul tersebut terdapat karakter siswa, dari karakter tersebut dapat dikolaborasikan dengan pata pelajaran lainya yang saling berhubungan. Dan untuk tugasnya biasanya diberikan dalam bentuk praktik.
Hasil kolaborasi antar guru mata pelajaran dalam pemberian tugas di MI Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo, yaitu kolaborasi antar mata pelajaran dalam pemberian tugas lebih memudahkan, yaitu lebih memudahkan gurunya, dan juga dapat memudahkan siswanya juga. Yang mana untuk gurunya lebih mengefesienkan waktu mengajar, dimana diberikan satu tugas dapat di nilai untuk dua mata pelajaran berbeda, jadi jika dikolaborasikan akan lebih menghemat waktu. Selanjutnya lebih mudah memahamkan siswa, karena dilakukan oleh dua guru sekaligus. Dan untuk siswanya lebih menambah semangat belajar, dimana kolaborasi tersebut akan membuat siswa tertarik, semangat untuk mengerjakan tugasnya, dan juga menggindari pemberiyan tugas yang berulang.