Pendidikan Islam Inklusif dan Bermakna

Telaah Tafsir Tarbawi Q.S ‘Abasa 1-10 atas Upaya Pembentukan Karakter Anak Berkebutuhan Khusus di SD Roushon Fikr Jombang

Penulis

  • Umirul Musyarofah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Devi Rofidah Celine UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Firdaus Ulul Absor Universitas Al-Azhar
  • Naila Nafahatus Sahariyah Al-Ulya UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Muhammad Shodiq UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58194/pekerti.v7i2.6339

Kata Kunci:

pendidikan inklusif, pendidikan karakter, tafsir tarbawi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi pendidikan karakter Islami bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SD Islam Roushon Fikr Jombang berdasarkan perspektif tafsir tarbawi terhadap QS 'Abasa [80]: 1–10. Ayat tersebut menjadi dasar teologis penting dalam menegaskan nilai yang diberikan kepada setiap manusia tanpa diskriminasi fisik, mental, maupun sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru pendamping khusus (GPK), kepala sekolah, serta dokumentasi kurikulum sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah menginternalisasikan nilai-nilai karakter Islami seperti kesabaran, kasih sayang, keikhlasan, empati, tanggung jawab, dan toleransi dalam proses pembelajaran anak ABK. Setiap dari 13 peserta didik ABK didampingi oleh satu guru khusus yang memahami pendekatan individu berdasarkan kebutuhan spesifik anak. Pembelajaran bersifat inklusif dan humanis, didukung oleh aktivitas keagamaan seperti salat dhuha, zikir bersama, serta pembiasaan syukur dan doa harian. Pendidikan karakter juga diperkuat melalui cerita Islami dan tanggung jawab sederhana yang diberikan kepada ABK untuk menumbuhkan amanah dan kemandirian. Perspektif tafsir tarbawi terhadap QS 'Abasa memperkuat orientasi pembelajaran yang adil dan inklusif, menjadikan nilai kemanusiaan sebagai inti dari pendidikan Islam. Dengan demikian, SD Islam Roushon Fikr berhasil mengembangkan praktik pendidikan karakter yang tidak hanya religius tetapi juga menghargai keberagaman, sesuai dengan semangat rahmatan lil 'alamin. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan model pendidikan karakter Islami yang aplikatif bagi institusi pendidikan inklusif lainnya.

Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Anak Berkebutuhan Khusus, Tafsir Tarbawi, QS 'Abasa 1-10, Inklusi

Diterbitkan

2025-08-31

Cara Mengutip

Musyarofah, U., Celine, D. R., Ulul Absor, F., Nafahatus Sahariyah Al-Ulya, N., & Shodiq, M. (2025). Pendidikan Islam Inklusif dan Bermakna: Telaah Tafsir Tarbawi Q.S ‘Abasa 1-10 atas Upaya Pembentukan Karakter Anak Berkebutuhan Khusus di SD Roushon Fikr Jombang. Pekerti: Journal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti, 7(2). https://doi.org/10.58194/pekerti.v7i2.6339

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.