Pendidikan Islam Inklusif dan Bermakna
Telaah Tafsir Tarbawi Q.S ‘Abasa 1-10 atas Upaya Pembentukan Karakter Anak Berkebutuhan Khusus di SD Roushon Fikr Jombang
DOI:
https://doi.org/10.58194/pekerti.v7i2.6339Kata Kunci:
pendidikan inklusif, pendidikan karakter, tafsir tarbawiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi pendidikan karakter Islami bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SD Islam Roushon Fikr Jombang berdasarkan perspektif tafsir tarbawi terhadap QS 'Abasa [80]: 1–10. Ayat tersebut menjadi dasar teologis penting dalam menegaskan nilai yang diberikan kepada setiap manusia tanpa diskriminasi fisik, mental, maupun sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru pendamping khusus (GPK), kepala sekolah, serta dokumentasi kurikulum sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah menginternalisasikan nilai-nilai karakter Islami seperti kesabaran, kasih sayang, keikhlasan, empati, tanggung jawab, dan toleransi dalam proses pembelajaran anak ABK. Setiap dari 13 peserta didik ABK didampingi oleh satu guru khusus yang memahami pendekatan individu berdasarkan kebutuhan spesifik anak. Pembelajaran bersifat inklusif dan humanis, didukung oleh aktivitas keagamaan seperti salat dhuha, zikir bersama, serta pembiasaan syukur dan doa harian. Pendidikan karakter juga diperkuat melalui cerita Islami dan tanggung jawab sederhana yang diberikan kepada ABK untuk menumbuhkan amanah dan kemandirian. Perspektif tafsir tarbawi terhadap QS 'Abasa memperkuat orientasi pembelajaran yang adil dan inklusif, menjadikan nilai kemanusiaan sebagai inti dari pendidikan Islam. Dengan demikian, SD Islam Roushon Fikr berhasil mengembangkan praktik pendidikan karakter yang tidak hanya religius tetapi juga menghargai keberagaman, sesuai dengan semangat rahmatan lil 'alamin. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan model pendidikan karakter Islami yang aplikatif bagi institusi pendidikan inklusif lainnya.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Anak Berkebutuhan Khusus, Tafsir Tarbawi, QS 'Abasa 1-10, Inklusi