Analisis Keterbacaan Buku Bahasa Arab Berbasis Karakter

Isi Artikel Utama

Triya Fadhilah Dhianty Putri
Rinaldi Supriadi
Mohammad Dipo Juniarto

Abstrak

Salah satu strategi dalam menentukan keberhasilan pembelajaran adalah buku teks atau buku pelajaran. Namun, sering kali kita temukan adanya buku yang tidak sesuai dengan standar dan berdampak pada pemahaman siswa. Dalam memahami isi buku sangat berkaitan dengan tingkat kemudahan ataupun kesukaran materi atau disebut keterbacaan. Sehingga isi buku sangat perlu dievaluasi dan disesuaikan terhadap kompetensi peserta didik agar tercapai tujuan pembelajarannya tidak hanya meningkat dalam bidang akademik namun meningkat juga perilaku moral peserta didik. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik content analysis atau teknik analisis isi. Tujuannya menggambarkan mengenai keterbacaan wacana berdasarkan formula fog index secara statistik dan disusun secara deskriptif kemudian menganalisis nilai-nilai karakter yang disusun oleh Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) mengenai profil pelajar pancasila. Hasil penelitian tingkat keterbacaan dalam buku ini adalah 2,44 yang artinya nilai tersebut termasuk kepada kategori sangat mudah dibaca. Buku ini memenuhi nilai-nilai karakter profil pelajar pancasila yaitu pertama, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, yang kedua, berkebinekaan global, yang ketiga, bergotong-royong, yang keempat, mandiri, kelima, bernalar kritis dan yang keenam, kreatif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Putri, T. F. D., Rinaldi, & Mohamad Zaka. (2023). Analisis Keterbacaan Buku Bahasa Arab Berbasis Karakter. Al-Lisan: Jurnal Bahasa, 8(1), 62–78. https://doi.org/10.30603/al.v8i1.3313
Bagian
Articles

Referensi

Abdul, R. (2006). Analisis wacana sebuah kajian bahasa dalam pemakaian. Bayu Media Publishing.

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran membaca berbasis pendidikan karakter. Refika Aditama.

al Shaye, S., & al Dhefeiri, M. D. (2021). Readability level of Arabic language textbook of the sixth grade in the state of Kuwait. Journal of Educational and Social Research, 11(4), 197–212. https://doi.org/10.36941/jesr-2021-0089

Ghani, K. A., Noh, A. S., & Bukhari, N. I. A. (2021). Linguistic features differences in Arabic textbooks used at islamic schools in Malaysia. Kemanusiaan, 28(1), 151–169. https://doi.org/10.21315/KAJH2021.28.1.7

Gunning, R. (1952). The technique of clear writing. McGraw-Hill.

Haerudin, D., & Darajat, D. (2021). Muatan nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku teks panggelar basa Sunda untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas X (The values of educational character in Sundanese language text book for grade X SMA/SMK/MA/MAK students). Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(3), 72–84. https://doi.org/10.17509/jpp.v21i3.41293

Harzulī, Kniwa, Asmaa`, A., Didī, & Marwah. (2022). Maqruyiyah alkitab shibh almadrasī lilughah ala’rabiah i’nda talamidh alsanah alkhamisah min alta’līm ali`btidaī`-bai’d `ibtidāi`yāh baladiyah alwadi `unmūdhajā [University of El-oued]. http://dspace.univ-eloued.dz/handle/123456789/11902

Hidayah, N., Muhamad, Y. M., & F, Y. C. (2018). Analisis buku tematik SMP kelas VII terbitan erlangga di SMP Kuntum Cemerlang. https://www.academia.edu/36759990/MAKALAH_ABT_7_FIXX_YUHU

Imam, M. C., & Laksono, K. (2018). Keterbacaan teks dalam buku siswa kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 4(1), 594–599. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n1.p594-599

Klare, G. R. (1984). Readability: Handbook of reading research. Longman Inc.

Krippendorff, K. (2004). Content analysis : an introduction to its methodology (M. H. Seawell, Ed.; 2nd ed.). Sage Publications, Inc.

Kusuma, D. (2018). Analisis keterbacaan buku teks fisika SMK kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 1(1), 14–21. https://doi.org/10.52188/jpfs.v1i1.59

Maspalah, Hernawati, H., Rahmat, A. S., Rahmat, A., Supriadi. Rinaldi, & Faqih, A. (2018). Bahasa Arab berbasis karakter SMA kelas XII (1st ed.). Royyan Press.

Meindl, P., Quirk, A., & Graham, J. (2018). Best practices for school-based moral education. Policy Insights from the Behavioral and Brain Sciences, 5(1), 3–10. https://doi.org/10.1177/2372732217747087

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan karakter menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Mutaqin, E. J., Hernawan, H., & Muhadi, F. (2021). Analisis kesesuaian buku matematika guru dan siswa kelas III dalam tema 2 revisi 2018. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1444

Pebriana, P. H. (2021). Analisis keterbacaan buku teks siswa kelas IV pada tema I dengan menggunakan grafik fry. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(1), 28–35. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1340

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2022). Peraturan pemerintah nomor 4 tahun 2022 tentang perubahan atas peraturan pemerintah no 57 tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_20220119_132617_Salinan%20PP%20Nomor%204%20tahun%202022.pdf

Permendikbudristek Republik Indonesia. (2022). Peraturan menteri pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi nomor 22 tahun 2022 tentang standar mutu buku, standar proses dan kaidah pemerolehan naskah, serta standar proses dan kaidah penerbitan buku. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Download/219102/Salinan%20permendikbudristek%20nomor%2022%20tahun%202022.pdf

Putra, R. M. S. (2013). Fog index dan keterbacaan berita utama (headline) suara merdeka 03 Mei 2013. Jurnal: Ilmu Komunikasi, 10(1), 41–48. https://doi.org/10.24002/jik.v10i1.152

Saenal, M., & Darmawati, H. (2022). Readability analysis of the book Let’s Understand Arabic at MTs DDI Takkalasi, Barru Regency. Journal of Islamic Studies and Society, 3(1), 27–41. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/aliftah/article/view/3512

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. IVCEJ (Indonesian Values and Character Education Journal), 3(1), 8–19. https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830

Silalahi, I., & Lubis, F. (2017). Analisis tingkat keterbacaan wacana buku teks pelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013 revisi 2017 dengan menggunakan teknik fog indeks siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Medan tahun pembelajaran 2017/2018. Basastra, 7(3), 201–213. https://doi.org/10.24114/bss.v7i3.10716

Sitepu, B. P. (2012). Penulisan buku teks pelajaran. Remaja Rosdakarya.

Subekti, & Widayati. (2019). Nilai pendidikan karakter pada buku teks bahasa Indonesia Sekolah Dasar kelas IV kurikulum tingkat satuan pendidikan. Stilistika, 5(1), 105–112. https://doi.org/10.32585/.v5i1.616

Supriadi, R., & Fitriyani, N. (2021). Analisis kesesuaian buku teks bahasa Arab berbasis keterbacaan menggunakan ketentuan fog index. Arabi : Journal of Arabic Studies, 6(1), 105–118. https://doi.org/10.24865/ajas.v6i1.232

Susilo, S., & Mulawarman, W. G. (2022). Analisis kelayakan buku teks Bahasa Indonesia untuk siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(3), 707–714. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i3.433

Tarigan, H. G. (2019). Telaah buku teks bahasa Indonesia. Angkasa.

Yasa, K. N., Made, S., & Nengah, M. (2013). Kecermatan formula flesch, fog index, grafik fry, SMOG, dan BI sebagai penentu keefektifan teks berbahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 2, 1. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/516

Zulfida, S. (2021). Analisis nilai-nilai karakter pada buku ajar bahasa Arab. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, 6(1), 41–46. https://doi.org/10.32696/jp2bs.v6i1.671