Developing English Teaching Materials through Self-Vlogging Based on Speaking at Tertiary Level

Isi Artikel Utama

Erni Roswanti
Sukmawati Yasim
Muhammad Danial

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Bahasa Inggris berbasis Self-Vlogging untuk mata kuliah speaking dan untuk melihat persepsi mahasiswa terhadap produk penelitian tersebut secara umum serta dari segi kualitasnya. Sample penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 dari prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sulawesi Barat. Peneliti menggunakan metode Penelitian Pengembangan  sebagai metode penelitian dengan model pengembangan yaitu model 4D (Define, Deign, Develop, Disseminate) yang disederhanakan menjadi model 3D (Define, Design, Develop). Teknik sampling yang digunakan adalah Probability Sampling yaitu Simple  Random Sampling. Instrumen penelitian ini adalah kuisioner yang digunakan untuk menilai produk penelitian pada lembar validasi produk penelitian dan juga dipakai untuk mengetahui persepsi mehasiswa terhadap produk penelitian. Hasil penelitian ini yaitu (1) ditunjukkan dengan kesimpulan akhir yang diberikan oleh para ahli sebagai validator produk penelitian yaitu bahwa ahli media menyimpulkan produk penelitian memenuhi syarat untuk digunakan dalam proes pembelajaran setelah revisi dan ahli materi menyimpulkan produk penelitian memenuhi syarat untuk digunakan dalam proses pembelajaran tanpa revisi, (2) ditunjukkan oleh persentase hasil perhitungan dari kuisioner yang diisi oleh mahasiswa sesuai dengan persepsi mereka terhadap produk penelitian yang ditemukan bahwa setiap pernyataan memiliki persentase 100%. Sehingga dapat dinyatakan bahwa bahan ajar berbasis Self-Vlogging untuk mata kuliah speaking layak digunakan dalam proses pembelajaran speaking

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Roswanti, E., Yasim, S., & Danial, M. . (2023). Developing English Teaching Materials through Self-Vlogging Based on Speaking at Tertiary Level. Al-Lisan: Jurnal Bahasa, 8(2), 96–114. https://doi.org/10.30603/al.v8i2.3397
Bagian
Articles

Referensi

Arywiantari, D., Agung, A. A. G., & Tastra, I. D. K. (2015). Pengembangan multimedia interaktif model 4D pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Singaraja. Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–12.

Ayar, Z. (2022). The Advantages of Using Vlogs for English Language Learners’ Writing Performance. In English Language Education (Vol. 30). https://doi.org/10.1007/978-3-031-13540-8_7

Brilianti, D. F., & Fithriyani, H. Y. (2020). The Implementation of Video Blog (Vlog) as a Teaching Media in Speaking Skill. JETL (Journal of Education, Teaching and Learning), 5(2), 340. https://doi.org/10.26737/jetl.v5i2.1945

Espinosa Torres, D. F. (2018). Vlogging through digital lessons: enhancing speaking in an EFL blended learning environment. Semantic Scholar.

Fitria, T. N. (2022). English Vlog Project: Students’ Perceptions and Their Problems. Acuity: Journal of English Language Pedagogy, Literature and Culture, 7(1). https://doi.org/10.35974/acuity.v7i1.2535

Fitria, T. N., & Java, S. C. (2022). Making an English Vlog Project : Students ’ Perceptions and their Problems. Journal of English Language Pedagogy, Literature, and Culture, 7(1), 77–87. https://doi.org/10.35974/acuity.v7i1.2535

Gallagher, S. R. (2019). The Use of Mobile Applications in Research. Current Protocols in Essential Laboratory Techniques, 19(1). https://doi.org/10.1002/cpet.39

Huang, H. W. (2021). Effects of smartphone-based collaborative vlog projects on EFL learners’ speaking performance and learning engagement. Australasian Journal of Educational Technology, 37(6). https://doi.org/10.14742/ajet.6623

Kollmann, C., & Santner, L. (2021). A prototype of a handheld augmented reality application to get familiar with ultrasound equipment knobology. Medical Ultrasonography, 23(4). https://doi.org/10.11152/mu-3139

Likitrattanaporn, W. (2017). The Development of English Language Teaching Skills for Graduate Students through the Process of Learning by Doing. English Language Teaching, 10(7). https://doi.org/10.5539/elt.v10n7p96

López-Moranchel, I., Franco, E., Urosa, B., Maurelos-Castell, P., Martín-íñigo, E., & Montes, V. (2021). University students’ experiences of the use of mlearning as a training resource for the acquisition of biomechanical knowledge. Education Sciences, 11(9). https://doi.org/10.3390/educsci11090479

Loreto, M. M. (2022). Vlogging as Instructional Strategy: Improving English Oral Communication Skills of Generation Z Students: A Case Study. Rangsit Journal of Educational Studies, 9(1).

Marzuki, M. J., Jabu, B., & Basri, M. (2018). The use of digital Vlog Media to enhance students ’ speaking skill. Journal Pendidikan.

Pei-hsuan, K., I-Chen, H., Yuan, W., MingZhao, L., & Henry Been-Lirn, D. (2015). TAS MOVE : The Processes of Applying Flat Design in an Efficiency Require Mobile Application. IASDR2015 Congress.

Pratiwi, B., & Nuryanti, R. (2018). Smartphone Usage on Students Learning English: The Impact of School Policy. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 1(2). https://doi.org/10.34050/els-jish.v1i2.4390

Safitri, N. A., & Khoiriyah, I. (2017). Students’ Perceptions on the Use of English Vlog (Video Blog) to Enhance Speaking Skill 1 Nailis Sa’adah Safitri, 2 Ianatul Khoiriyah. The 5th AASIC.

Sanad, H. A. (2021). Developing EFL Oral Communication Skills and Motivation through Vlogging. CDELT Occasional Papers in the Development of English Education, 74(1). https://doi.org/10.21608/opde.2021.195311

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sumual, H., Reimon Batmetan, J., & Kambey, M. (2019). Design Sprint Methods for Developing Mobile Learning Application. KnE Social Sciences, 3(12). https://doi.org/10.18502/kss.v3i12.4106

Zakaria, G. A. N., & Nawi, A. (2020). Design and development of a PBL mobile application in Islamic education: A conceptual framework. International Journal of Information and Education Technology, 10(1). https://doi.org/10.18178/ijiet.2020.10.1.1334