SEATING ARRANGEMENT IN IMPROVING STUDENTS' SPEAKING SKILL AT IQRA BURU UNIVERSITY
Isi Artikel Utama
Abstrak
Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh seseorang dalam belajar bahasa inggris yaitu keterampilan berbicara. Manajemen ruang kelas yang berfokus pada pengaturan tempat duduk dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaturan tempat duduk dalam meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa semester 2 pada jurusan Bahasa Inggris di Fakultas Sastra, Universitas Iqra Buru. Partisipasi dalam penelitian adalah dosen speaking dan mahasiswa semester 2 yang berjumlah 30 orang di Universitas Iqra Buru. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kuasi experimental, dimana terdapat dua grup yaitu grup control dan grup eksperimen. Pengaturan tempat duduk berbentuk Orderly Rows diimplementasikan kepada grup kontrol sedangkan untuk eksperimen berbentuk Circle. Data di kumpulkan dengan menggunakan dua jenis instrumen penelitianya knites dan rekaman. Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS versi 20.0 Hasil menunjukan bahwa pengimplementasian pengaturan tempat duduk dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam hal ini akurasi, fluensi dan komprehensi. Hal ini didukung oleh nilai rata-rata posttest (74.48) siswa lebih besar dari hasil pretest (56.07). Selain itu terdapat pula korelasi yang signifikan antara akurasi, fluensi dan komprehensi pada perkembangan keterampilan berbicara.
Unduhan
Rincian Artikel
Copyright Notice
Authors who publish in Al-Lisan: Jurnal Bahasa (e-Journal) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.