PENGARUH PENGGUNAAN MATERI BACAAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA KULIAH READING FOR INFORMATION

Isi Artikel Utama

Sukmawati Yasim
Rusdiah Andalucia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) sejauh mana pengaruh penggunaan materi bacaan berbasis kearifan lokal pada mata kuliah Reading for Information; (2) persepsi mahasiswa terhadap penggunaan materi bacaan berbasis kearifan lokal pada mata kuliah Reading for Information. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester II di program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sulawesi Barat dengan sampel 50 mahasiswa. Metode penelitian ini adalah pre-experimental research terdiri dari pre-test, 6 kali perlakuan, dan post-test. Pengambilan data melalui dua instrument: multiple choice dan angket. Analisis data dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t-test dan skor mahasiswa pada post-test adalah p< 0.05. Ada perbedaan siknifikan skor mahasiswa antara pre-test dan post-test setelah perlakuan dengan materi bacaan kearifan lokal pada mata kuliah Reading for Information. Analisis kuisioner menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap penggunaan materi bacaan kearifan lokal pada mata kuliah Reading for Information berpengaruh.


Keywords: materi bacaan, kearifan lokal, reading for information.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Yasim, S., & Andalucia, R. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MATERI BACAAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA KULIAH READING FOR INFORMATION. Al-Lisan: Jurnal Bahasa, 3(2), 68–80. Diambil dari https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/al/article/view/394
Bagian
Articles