PENGARUH PENGGUNAAN MATERI BACAAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATA KULIAH READING FOR INFORMATION
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) sejauh mana pengaruh penggunaan materi bacaan berbasis kearifan lokal pada mata kuliah Reading for Information; (2) persepsi mahasiswa terhadap penggunaan materi bacaan berbasis kearifan lokal pada mata kuliah Reading for Information. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester II di program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sulawesi Barat dengan sampel 50 mahasiswa. Metode penelitian ini adalah pre-experimental research terdiri dari pre-test, 6 kali perlakuan, dan post-test. Pengambilan data melalui dua instrument: multiple choice dan angket. Analisis data dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t-test dan skor mahasiswa pada post-test adalah p< 0.05. Ada perbedaan siknifikan skor mahasiswa antara pre-test dan post-test setelah perlakuan dengan materi bacaan kearifan lokal pada mata kuliah Reading for Information. Analisis kuisioner menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap penggunaan materi bacaan kearifan lokal pada mata kuliah Reading for Information berpengaruh.
Keywords: materi bacaan, kearifan lokal, reading for information.
Unduhan
Rincian Artikel
Copyright Notice
Authors who publish in Al-Lisan: Jurnal Bahasa (e-Journal) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.