ANALYSIS OF STUDENTS' UNDERSTANDING IN USING FORMAL AND INFORMAL EXPRESSION
Isi Artikel Utama
Abstrak
Bahasa bukan hanya sebuah sarana berkomunikasi, lebih dari itu bahasa adalah suatu identitas yang menggambarkan penutur bahasa tersebut. Geoffrey Leech mengasumsikan bahwa orang-orang mesti menggunakan pernyataan tertentu yang sesuai dengan situasi dimana pernyataan tersebut diucapkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pemahaman siswa dalam menggunakan pernyataan formal dan informal. Dengan melakukan penelitian kualitatif ditemukanlah bahwa kesulitan-kesulitan siswa dalam memahami pernyataan formal dan informal adalah bahwa siswa terbiasa dalam menggunakan frase dalam bentuk informal yang kemudian menjadikan mereka kesulitan untuk mengenali apakah suatu pernyataan formal ataukah informal. Peneliti juga menemukan bahwa mayoritas siswa menganggap bahwa pernyataan formal lebih sulit untuk dipelajari daripada pernyataan informal. Kesulitan-kesulitan tersebut dipengaruhi oleh kemampuan dasar siswa pada tata bahasa, pengucapan, dan penguasaan kosakata Bahasa Inggris.
Unduhan
Rincian Artikel
Copyright Notice
Authors who publish in Al-Lisan: Jurnal Bahasa (e-Journal) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.