THE DESCRIPTIVE STUDY OF SELF-DIRECTED LEARNER IN SPEAKING ENGLISH AT NON-ENGLISH DEPARTMENT IN IAIN SULTAN AMAI GORONTALO
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana cara Mahasiswa yang bukan jurusan Bahasa Inggris melakukan belajar mandiri dalam berbicara Bahasa Inggris. Rumusan masalah Penelitian ini adalah bagaimana cara pelajar mandiri (yang bukan jurusan bahasa Inggris) belajar untuk berbicara bahasa Inggris. Dalam Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara terstruktur dan dokumentasi, Subjek dalam penelitian berjumlah lima orang Mahasiswa jurusan Perbankan Syariah semester 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di IAIN Sultan Amai Gorontalo. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Mahasiswa dalam belajar mandiri mendapatkan hasil yang baik dengan menggunakan aspek-aspek belajar mandiri, seperti: Mahasiswa mengontrol pengalaman belajarnya, Perkembangan keterampilan, Mengubah diri pada kinerja yang paling baik, Motivasi diri dan penilaian diri, Manajemen diri.
Unduhan
Rincian Artikel
Copyright Notice
Authors who publish in Al-Lisan: Jurnal Bahasa (e-Journal) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.